Perancangan dan Pembuatan Program Pengendali Karakter Papan Display LED Matrix Berbasis Mikrokontroller Atmega 328 Menggunakan Smartphone Android.

Yuwana, Ikhsan Akbari (2017) Perancangan dan Pembuatan Program Pengendali Karakter Papan Display LED Matrix Berbasis Mikrokontroller Atmega 328 Menggunakan Smartphone Android. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_IKHSAN_AKBARI_YUWANA_1208058_231_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, papan LED Matrix berada diatas ketinggian 3 meter, teknologi LED Matrix yang paling canggih saat ini masih menggunakan flashdisk sebagai penyimpan data tulisan atau animasi yang akan dimasukkan ke dalam modul LED Matrix dan ada yang masih menggunakan konektifitas serial atau usb yang terhubung ke komputer. Maka diperlukan instrumen yang dapat mempermudah user dalam penggantian informasi berupa teks maupun animasi. Pemanfaatan media bluetooth dengan jarak maksimal kurang dari 10 meter dan media Smartphone android sebagai interface oleh user . Pengendalian LED Matrix menggunakan USB dirasa kurang praktis dan efisien karena kebanyakan LED matrix berada diketinggian 2 meter dan pengguna harus memanjat keatas untuk memasukan program ke LED matrix melalui USB. Oleh karena itu sebagai solusinya dirancang sebuah sistem pengendali yang lebih praktis,dan efisien. Dalam proyek akhir ini penulis merancang sebuah program pengendali karakter papan display LED matrix berbasis mikrokontroler Atmega 328 menggunakan smartphone android. Hasil dari perancangan proyek akhir ini yaitu sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan pengendalian LED matrix secara wireless pada sistem operasi android. Di dalam aplikasi tersebut juga disertakan sebuah fitur Speech Recognition yang memungkinkan user dapat melakukan pengendalian melalui perintah suara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:34
Last Modified: 05 Sep 2019 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22987

Actions (login required)

View Item View Item