Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor pada Siswa Kelas I dan II Sekolah Dasar Alfikri Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Sari, Ririn Puspita (2019) Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor pada Siswa Kelas I dan II Sekolah Dasar Alfikri Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ririn_Puspita_Sari_15086111_1540_2019.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini, masih banyak siswa yang malas melakukan gerak terutama gerak lokomotor, beberapa fenomena yang teramati seperti: masih ada di antara anak-anak yang belum mampu berlari dengan keseimbangan tubuh yang baik. Artinya, mereka belum memiliki keterampilan gerak dasar lokomotor yang optimal,seperti saat lari dan gerak lainnya dalam pembelajaran pendidikan jasmani anak masih malas, lebih banyak duduk atau diam dan berbicara dengan temannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dimana peneliti bertujuan melihat kemampuan gerak dasar lokomotor pada siswa kelas I dan II Sekolah Dasar Alfikri Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I dan II sebanyak 141 orang terdiri dari putera dan puteri dengan teknik penarikan sampel Random sampling sebanyak 20% yaitu berjumlah 28 orang. Intrumen penelitian Tes TGMD-2 yang bertujuan untuk mengukur kemampuan gerak dasar lokomotor melalui 6 sub tes yaitu Run, Gallop, Hop, Leap, Horizontal Jump dan Slide. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuesi P=F/N x 100%. Dari hasil data statistik yang telah diolah menunjukkan bahwa kemampuan gerak lokomotor pada siswa kelas I dan II Sekolah Dasar Alfikri Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan berdasarkan tingkat kategori “baik sekali” sebanyak 3 siswa (10,7 %), kategori “baik” sebanyak 6 siswa (21,4 %), kategori “sedang” sebanyak 14 siswa (50,0 %), kategori “kurang” sebanyak 4 siswa (14,3 %) dan kategori “kurang sekali” sebanyak 1 siswa (3,57 %). Dengan demikian dapat dikatakan secara keseluruhan gerak dasar Lokomotor siswa kelas I dan II berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:34
Last Modified: 05 Sep 2019 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22984

Actions (login required)

View Item View Item