Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two and Four terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 25 Padang

Junita, Junita (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two and Four terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_JUNITA_1305598_4497_2018.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran. Kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 25 Padang masih rendah. Hal ini terlihat saat observasi dan rendahnya nilai ulangan harian peserta didik yang memuat indikator pemahaman konsep matematis. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two and Four. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two and Four lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 25 Padang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 237 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes akhir berupa soal esai untuk melihat pemahaman konsep matematis peserta didik. Hasil tes akhir pemahaman konsep matematis peserta didik dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh P-value = 0,006 dengan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:46
Last Modified: 05 Sep 2019 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22976

Actions (login required)

View Item View Item