Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dengan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Padang Panjang

Pratama, Juanda (2018) Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dengan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_JUANDA_PRATAMA_14029032_4489_2018.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri peserta didik. Berdasarkan hasil observasi dan analisis nilai peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan penalaran matematis pada kelas XI MIPA 1, 2 dan 3 SMAN 1 Kota Padang Panjang, diketahui bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik belum berkembang dengan optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis adalah dengan menerapakan pendekatan Differentiated Instruction (DI) dengan mempertimbangkan perbedaan gaya belajar dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kaitan antara kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan gaya belajar peserta didik dan mendeskripsikan proses pembelajaran ketika materi yang diajarkan dikaitkan dengan kecenderungan gaya belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 29 orang. Pengambilan subjek didasarkan pada kriteria bahwa dalam kelas terdiri dari peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, audio, dan kinestetik. Kriteria tersebut dipenuhi oleh subjek yang dipilih setelah pemberian angket gaya belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui hasil kerja LKPD, tes akhir kemampuan penalaran matematis, dan wawancara . Berdasarkan analisis terhadap hasil observasi, hasil kerja LKPD, tes akhir dan wawancara menunjukkan hasil yang berbanding lurus dengan peningkatan kempuan penalaran matematis peserta didik kelas XI MIPA 2. Dengan persentase peningkatan sebesar 30,41.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:46
Last Modified: 05 Sep 2019 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22975

Actions (login required)

View Item View Item