Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 7 Padang

Zuryani, Ivo (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_IVO_ZURYANI_1305632_3784_2018.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Penalaran merupakan suatu kegiatan, proses atau aktivitas berpikir untuk menarik kesimpulan atau membuat suatu pernyataan baru yang benar berdasarkan pada beberapa pernyataan yang kebenarannya telah dibuktikan atau diasumsikan sebelumnya. Akan tetapi pada pembelajaran belum sepenuhnya menfasilitasi kemampuan siswa terutama kemampuan penalaran matematis. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Model PBL memberikan kesempatan bagi siswa mengembangkan kemampuan berpikir dan mengemukakan ide-ide secara pribadi maupun kelompok. Terkait hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menerapkan model PBL lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi pada penelitan ini yaitu siswa kelas XI MIA SMAN 7 Padang dengan sampel kelas XI MIA 4 dan XI MIA 5. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan penalaran matematis. Untuk pengujian hipotesis dilakukan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model PBL lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada kelas XI MIA SMAN 7 Padang untuk taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22974

Actions (login required)

View Item View Item