Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang

Erviona, Irma (2018) Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_IRMA_ERVIONA_1305578_4341_2018.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang penting dan harus dikembangkan pada diri siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun, kenyataan yang ditemukan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang masih rendah. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan solusi untuk permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan membandingkan dengan pemahaman konsep matematika siswa belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimental Research) dengan rancangan Static Group Design. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara acak sederhana (Simple Random Sampling), yaitu menggunakan sistem undian. Dari hasil pengundian, terambil kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk essay untuk melihat pemahaman konsep matematika. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes pemahaman konsep matematika, diperoleh rata-rata siswa kelompok eksperimen 64,14 dan kelompok kontrol 56,85. Hasil uji hipotesis menunjukkan pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh p-value = 0,040, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22972

Actions (login required)

View Item View Item