Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang

Annisa, Indah (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_INDAH_ANNISA_1305643_968_2018.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang harus dikembangkan dengan optimal. Namun pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih belum rendah. Hal ini juga ditemukan di kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe the power of two lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Static Group Design. Penarikan sampel dilakukan dengan metode Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 4 Padang dengan sampel kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan VIII.6 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dan pada kelas kontrol diterapkan pembelajan konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Hal ini dikarenakan P- value yang diperoleh sebesar 0,003 sehingga kurang dari taraf signifikansi dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22971

Actions (login required)

View Item View Item