Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 14 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018

Mardatillah, Inda (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 14 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_INDA_MARDATILLAH_1301373_4342_2018.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 14 Padang masih rendah dan perlu ditingkatkan. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Padang yang pembelajarannya menggunakan model NHT lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga kelas VIII.5 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi skor tes pemahaman konsep matematika siswa dan nilai ujian tengah semester matematika semester genap kelas VIII di SMP Negeri 14 tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal uraian (essay) untuk melihat pemahaman konsep matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh P-value = 0,041 dengan . Karena P-value < , maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Artinya, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci - Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22970

Actions (login required)

View Item View Item