Studi Komparatif Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Penggunaan Bahan Ajar Fluida Bermuatan Literasi Saintifik dan HOTS pada Kelas XI SMAN 10 Padang

Syahbani, Aini (2019) Studi Komparatif Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Penggunaan Bahan Ajar Fluida Bermuatan Literasi Saintifik dan HOTS pada Kelas XI SMAN 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Aini_Syahbani_15033088_1600_2019.pdf

Download (699kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kurikulum 2013 sebaiknya memperhatikan dimensi pedagogik modem dalam pembelajaran fisika yaitu, menggunakan pendekatan ilmiah. Kenyataannya pembelajaran saat ini belum sesuai dengan kondisi ideal. Kemampuan berpikir kritis, motivasi, dan pemecahan masalah siswa masih dalam kategori rendah, sehingga proses pembelajaran juga berada dalam kategori rendah. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah bahan ajar fluida bermuatan literasi saintifik dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tujuan penelitian ini adalah menentukan perbedaan kompetensi siswa sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar fluida bermuatan literasi saintifik dan HOTS pada kelas XI SMAN 10 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian adalah one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 10 Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk kompetensi sikap, tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan, dan penilaian kinerja untuk kompetensi keterampilan. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji statistik deskriptif dan analisis uji perbandingan berkorelasi yaitu uji-t untuk kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan perbedaan pada kompetensi siswa sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar fluida bermuatan literasi saintifik dan HOTS pada kelas XI SMAN 10 Padang dengan taraf kepercayaan 95%. Penggunaan bahan ajar fluida ini memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi siswa yang terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hal ini berarti penggunaan bahan ajar fluida dapat meningkatkan kompetensi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22968

Actions (login required)

View Item View Item