Pengembangan Modul Sistem Koloid Berbasis Pendekatan Saintifik Berbantuan Teknik Probing dan Prompting untuk Kelas XI SMA/MA

Zulfadli, Zulfadli (2019) Pengembangan Modul Sistem Koloid Berbasis Pendekatan Saintifik Berbantuan Teknik Probing dan Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Zulfadli_15035018_1779_2019.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Dalam kurikulum 2013 untuk semua tingkat pendidikan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang bertujuan untuk membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA/MA dan juga untuk menetukan tingkat validitas dan kepraktisan. Modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA/MA yang dikembangkan menggunakan pertanyaan probing prompting untuk membuat siswa lebih aktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (RND) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada penelitian ini hanya dapat dilakukan sampai tahap develop. Modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting divalidasi oleh 5 orang validator terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMA N 1 2Xll Kayutanam dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 20 orang siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 2Xl 1 Kayutanam dengan menggunakan instrumen berupa angket. Hasil analisis lembaran validitas, praktikalitas guru , dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut adalah 0.88; 0.90; 0.87. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22967

Actions (login required)

View Item View Item