Pengaruh LKS IPA Terpadu Tema Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari Bermuatan Keterampilan Literasi dalam Pendekatan Saintifik pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang

Nabillah, Meisyarah (2019) Pengaruh LKS IPA Terpadu Tema Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari Bermuatan Keterampilan Literasi dalam Pendekatan Saintifik pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Meisyarah_Nabillah_15033114_754_2019.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

Abad 21 merupakan abad dimana kemajuan pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi berkembang secara pesat. Perkembangan pengetahuan siswa pada abad 21 membutuhkan keterampilan literasi. Pemerintah sudah mendorong literasi siswa melalui program gerakan literasi sekolah. Disamping itu, pemerintah juga sudah mencoba meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran IPA terpadu. Kondisi nyata menunjukkan bahwa keterpaduan materi pembelajaran IPA masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis keterpaduan LKS diperoleh nilai 53.87. Solusi dari masalah ini adalah dengan menerapkan LKS IPA terpadu yang berintegrasikan keterampilan literasi di dalamnya dalam model pembelajaran IPA terpadu terjaring dan terhubung. Tujuan dari penelitian adalah untuk menentukan perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 25 Padang terhadap penggunaan LKS IPA terpadu tema gerak bermuatan keterampilan literasi dalam pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Randomized Control- Group Only Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan cluster Random Sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa diperoleh dari lembar observasi sikap untuk aspek sikap, lembar tes pengetahuan berupa post test untuk aspek pengetahuan, dan lembar penilaian kinerja ilmiah untuk aspek keterampilan. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yaitu menggunakan konversi skor ke nilai, analisis statistik deskriptif, uji normalitas dan homogenitas dan uji perbandingan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan bahwa penggunaan LKS IPA terpadu tema gerak bermuatan keterampilan literasi dalam pendekatan saintifik pada hasil belajar siswa kelas VIII memberikan Pengaruh yang berarti pada aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek sikap siswa dikelas VIII SMPN 25 Padang dengan taraf kepercayaan 95%. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan bahwa guru IPA dan siswa dapat menggunakan LKS IPA terpadu tema gerak dalam kehidupan sehari-hari bermuatan keterampilan literasi dalam pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22965

Actions (login required)

View Item View Item