Pengaruh Jus Rumput Gandum (Triticum aestivum L.) yang Ditanam dengan Media Berbeda terhadap Hemoglobin dan Hematokrit Mencit Jantan (Mus musculus L.) Anemia

Fadilla, Rifkha (2019) Pengaruh Jus Rumput Gandum (Triticum aestivum L.) yang Ditanam dengan Media Berbeda terhadap Hemoglobin dan Hematokrit Mencit Jantan (Mus musculus L.) Anemia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_Rifkha_Fadilla_15032038_1864_2019.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Rumput gandum memiliki kandungan zat besi dan klorofil yang tinggi yang digunakan sebagai salah satu altematif mengatasi anemia. Anemia merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang disebabkan kuranganya kadar zat besi dalam darah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Rancangan Acak lengkap (RAL) Faktorial dimana Faktor A (media tanam) dan Faktor B (perlakuan konsentrasi) yang dilaksanakan pada Januari-Februari 2019 di Laboratorium Penelitian dan Rumah Hewan Jurusan Biologi FMIPA UNP. Jumlah sampel empat puluh ekor mencit jantan umur 8-10 minggu, dengan berat 20-30 g yang dikelompokan menjadi 8 kelompok perlakuan dan masing-masing terdiri dari 5 ekor mencit jantan. Perlakuan yang diberikan adalah Kl: tidak diberi jus rumput gandum dan tidak diberi perlakuan anemia (kontrol), K2: tidak diberi jus rumput gandum setelah diinduksikan NaN02 (perlakuan anemia), Pl T: diberi jus rumput gandum yang ditanam dengan tanah setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 50%. P2T: diberi jus rumput gandum yang ditanam dengan tanah setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 75% dan P3T: diberi jus rumput gandum yang ditanam dengan tanah setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 100%. PIH: diberi jus rumput gandum yang ditanam hidroponik setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 50%. P2H: diberi jus rumput gandum yang ditanam hidroponik setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 75%. P3H: diberi jus rumput gandum yang ditanam hidroponik setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 100%. Pengambilan darah dilakukan sebelum dan sesudah pemberian jus rumput gandum selama 14 hari melalui ujung ekor mencit. Data dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dilanjutkan dengan uji lanjut DMRT dengan taraf 5%. Basil penelitian ini menunjukkan bahwa, media tanam tidak berpengaruh terhadap Hemoglobin dan Hematokrit mencit jantan anemia dimana Fhitung>Ftabel• Pemberian jus rumput gandum dengan konsentrasi berbeda berpengaruh terhadap Hb dan Ht mencit janta anemia dimana Fhitung<Ftabel dengan perlakuan yang paling nyata pada pemberian jus rumput gandum konsentrasi 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22964

Actions (login required)

View Item View Item