Pengaruh Buku Ajar IPA Terpadu Terna Gerak Dalam Kehidupan Sehari-hari Mengintegrasikan Strategi REACT pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang

Laila, Rahmi (2019) Pengaruh Buku Ajar IPA Terpadu Terna Gerak Dalam Kehidupan Sehari-hari Mengintegrasikan Strategi REACT pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Rahmi_Laila_15033120_756_2019.pdf

Download (843kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kurikulum 2013, pembelajaran IPA di SMP dilaksanakan secara terpadu dan kontekstual. Pembelajaran IPA Terpadu berarti pembelajaran IPA menggunakan kombinasi materi Fisika, Kimia dan Biologi. Pembelajaran kontekstual berarti pembelajaran didekatkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Materi pelajaran yang dibahas secara terpadu dan kontekstual akan menjadikan pembelajaran tersebut bermakna. Masalah yang terjadi adalah pembelajaran IPA di SMP belum terlaksana secara terpadu dan kontekstual. Solusi untuk masalah ini adalah penerapan buku ajar IPA terpadu tema gerak dalam kehidupan sehari-hari mengintegrasikan strategi REACT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan buku ajar IPA terpadu pada tema gerak dalam kehidupan sehari-hari mengintegrasikan strategi REACT pada basil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Experiment Research dengan Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 7 Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII 5 dan VIII 7. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan Claster Random Sampling. Instrumen pengumpulan data untuk aspek pengetahuan adalah lembar tes tertulis berbentuk pilihan ganda, untuk aspek sikap adalah lembar observasi dan untuk aspek keterampilan adalah lembar penilaian kinerja. Data dari penelitian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan uji perbandingan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata pada aspek sikap untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 71, 11 dan 67,3. Selanjutnya, nilai rata-rata pada aspek keterampilan berturut-turut adalah 79,57 dan 74,12. Aspek yang terakhir yaitu aspek pengetahuan, nilai rata-rata pada aspek pengetahuan berturut-turut adalah 73,66 dan 60,11. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari basil belajar signifikan siswa yang menggunakan buku ajar IPA terpadu dengan siswa yang tidak menggunakannya. Hasil ini mengungkapkan bahwa penerapan Buku Ajar IPA Terpadu Terna Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari Mengintegrasikan Strategi REACT memberikan pengaruh pada basil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Padang pada taraf kepercayaan sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22963

Actions (login required)

View Item View Item