Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bioproses Sel untuk Peserta Didik SMA Kelas XI

Eroika, Vayolin (2019) Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bioproses Sel untuk Peserta Didik SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Vayolin_Eroika_15031126_1877_2019.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi buku yang digunakan peserta didik belum memuat keseluruhan dari langkah-langkah pendekatan saintifik dan buku yang digunakan peserta didik terdapat kekurangan materi pada KD 3.2 dan 4.2 yaitu Bioproses Sel, sehingga isi buku belum dapat memenuhi permintaan pada KD 3 .2 dan 4.2 di Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 meminta peserta didik dapat melakukan langkah-langkah pendekatan ilmiah atau pendekatan saintifik dalam proses pembelaj aran. Kekurangan materi pada buku menyebabkan materi Bioproses Sel menjadi materi yang sulit dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Modul Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bioproses Sel untuk Peserta Didik SMA Kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp. Model ini terdiri dari 3 tahap yaitu investigasi awal, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Kegiatan pada tahap penilaian tanpa melakukan uji efektifitas, karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian adalah 29 orang peserta didik, satu orang guru, dan dua orang dosen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, lembar kuisoner, lembar self evaluation, angket evaluasi one to one, small group, field test, angket validitas, dan angket praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah dihasilkan produk berupa modul berbasis pendekatan saintifik. Hasil uji validitas dengan nilai rata-rata 4,60 dengan kriteria sangat valid dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas dengan nilai rata-rata 4,31 dengan kriteria sangat praktis oleh guru dan 4,47 dengan kriteria sangat praktis oleh peserta didik dari aspek kemudahan penggunaan, efektifitas waktu pembelajaran, daya tarik, dan manfaat. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan modul berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22961

Actions (login required)

View Item View Item