Studi Tentang Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Smp Negeri 1 Hulu Kuantan Berdasarkan Kurikulum 2013

Ramadhani, Deni (2019) Studi Tentang Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Smp Negeri 1 Hulu Kuantan Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Deni_Ramadhani_15086018_2371_2019.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kinerja guru dalam menerapkan Kurikulum 2013, padahal sekolah ini merupakan salah satu proyek percontohan (Piloting Project) yang dirancang untuk pengujian pelaksanaan program Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Hulu Kuantan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diinterpretasikan dengan cara deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK, Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum, dan Pengawas SMPN 1 Hulu Kuantan. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisi dengan model analisis Miles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran belum menggunakan pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013 meskipun guru PJOK melaksanakan pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup Penilaian pembelajaran belum menggunakan penilaian autentik, namun penilaian sikap dan keterampilan peserta didik hanya dilakukan melalui pengamatan dari guru tersebut tanpa menggunakan acuan penilaian portofolio yang tertera di Kurikulum 2013. Sedangkan, penilaian pengetahuan dilakukan dengan memberikan tes tertulis kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22960

Actions (login required)

View Item View Item