Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X IA SMAN 3 Pariaman

Amir, Husna Fayolla (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X IA SMAN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HUSNA_FAYOLLA_AMIR_14029077_3468_2018.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri peserta didik. Namun pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih belum optimal. Hal ini juga terlihat di kelas X IA SMAN 3 Pariaman. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik salah satunya adalah dengan menerapkan model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X IA SMAN 3 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X IA SMAN 3 Pariaman dengan sampel kelas X IA 1 dan X IA 3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis yang berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,000, karena P-value < maka Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X IA SMAN 3 Pariaman. Ini berarti discovery learning memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:16
Last Modified: 05 Sep 2019 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22953

Actions (login required)

View Item View Item