Septianingsih, Eka (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_EKA_SEPTIANINGSIH_14029026_4174_2018.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan aspek penting yang perlu dicapai dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 2 Padang Panjang belum berkembang secara optimal. Hal ini disebabkan karena siswa belum dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran, sehingga tidak terjadi interaksi di dalam kelas. Salah satu usaha yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe pair check. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas X MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Static Group Comparison. Populasi penelitian siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, sehingga terpilih siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk soal essay dengan reliabilitas tes sebesar 0,67. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh P-value = 0,001 pada taraf nyata
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 02:16 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 02:16 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22947 |
Actions (login required)
View Item |