Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Padang

Santri, Febrina (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FEBRINA_SANTRI_1305639_3563_2018.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika kelas VII SMP Negeri 3 Padang masih rendah. Penyebabnya adalah kurang memiliki minat terhadap pembelajaran matematika yang dianggap sulit dan membosankan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat memberikan motivasi dan melibatkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematika yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match yang dibandingkan dengan pemahaman konsep matematika yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 3 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas VII.1 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal esai untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematika. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann Whitney. Berdasarkan analisis hasil tes akhir dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan model pembalajaran kooperatif tipe Make a Match lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:16
Last Modified: 05 Sep 2019 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22946

Actions (login required)

View Item View Item