Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman

Putri, Eka (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_01_EKA_PUTRI_14029046_3214_2018.pdf

Download (91kB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan penalaran matematis peserta didik belum optimal. Hal ini juga terlihat pada kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Salah satu faktor penyebab terjadinya adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan penalaran matematis dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran discovery learning dengan kemampuan penalaran matematis yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 2 Pariaman dengan sampel kelas VIII.4 dan VIII.5. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis yang berbentuk soal essay. Berdasarkan analisis data hasil tes akhir diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,002, karena P-value < maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:15
Last Modified: 05 Sep 2019 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22945

Actions (login required)

View Item View Item