Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Awal Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X MIPA SMAN 2 Padang Panjang.

Aulia, Dona (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Awal Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X MIPA SMAN 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DONA_AULIA_1305609_4240_2018.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan komunikasi mtematis siswa kelas X MIPA SMAN 2 Padang Panjang. Hal ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan ke sekolah dan jawaban latihan yang diberikan siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komuikasi matematis siswa dengan memperhatikan kemampuan awal siswa kelas X MIPA SMAN 2 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan gabungan penelitian kuasi eksperimen dan deskriptif dengan rancangan static group design. Populasi penelitian ini siswa kelas X MIPA SMAN 2 Padang Panjang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan awal dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Data perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa dideskripsikan melalui data hasil kuis yang diberikan selama penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal tinggi, sedang dan rendah yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional dengan kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah secara umum mengalami peningkatan untuk masing-masing indikator komunikasi matematis pada setiap pertemuan selama penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:15
Last Modified: 05 Sep 2019 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22943

Actions (login required)

View Item View Item