Perancangan dan Pembuatan Program Alat Pendeteksi Nominal Uang untuk Tuna Netra Menggunakan Sensor Warna TCS3200 Berbasis Mikrokontroler ATMega32.

Sarah, Yulia (2017) Perancangan dan Pembuatan Program Alat Pendeteksi Nominal Uang untuk Tuna Netra Menggunakan Sensor Warna TCS3200 Berbasis Mikrokontroler ATMega32. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YULIA_SARAH_1307772_1205_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Perancangan alat ini bertujuan untuk membuat sebuah alat yang dapat mendeteksi nominal uang menggunakan sensor warna TCS3200 yang berfungsi membantu penyandang tuna netra untuk mendeteksi nominal uang yang dimiliki. Penyandang tuna netra masih menggunakan cara manual untuk mengetahui nominal uang yang dimiliki. Pengontrolan sistem dilakukan oleh Mikrokontroler Atmega32 dengan input berbentuk sensor warna TCS3200. Sensor ini akan mendeteksi warna yang terdapat pada uang kertas bernilai rupiah. Alat ini menggunakan infrared yang berguna untuk menjalankan motor DC. Setelah infrared bekerja maka motor DC berjalan dan warna uang kertas akan di deteksi oleh sensor warna TCS3200. Setelah sensor warna terdeteksi maka modul MP3 akan bekerja untuk mengeluarkan suara. Hasil dari Proyek Akhir alat pendeteksi nominal uang untuk tuna netra ini dapat membaca nominal uang yang dimiliki secara otomatis jika sensor warna sudah membaca berapa nilai warna yang terdapat di uang kertas. Alat ini juga di lengkapi dengan speaker sebagai keluaran suara berapa nominal uang yang dimilliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:08
Last Modified: 04 Sep 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22926

Actions (login required)

View Item View Item