Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Muara Bungo

Adityandita, Cita (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Muara Bungo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_CITA_ADITYANDITA_14029066_3614_2018.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki setiap siswa dalam pembelajaran matematika. Namun berdasarkan fakta di lapangan bahwa kemampuan komunikasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Muara Bungo masih rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran terpusat pada guru, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran dan kurang terfasilitasinya kemampuan komunikasi matematika siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melaksanakan model pembelajaran aktif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkomunikasikan idenya baik secara lisan maupun tulisan. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe FSLC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana yang lebih baik antara kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Muara Bungo yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC dengan siswa yang belajar dengan pembejalaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Muara Bungo Tahun Pelajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan komunikasi matematika dianalisis menggunakan uji-t Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan komunikasi matematika, ratarata nilai yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen yaitu 52,95 dan rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada kelas kontrol yaitu 46,50. Bedasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas X IPA SMA Negeri 2 Muara Bungo, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe FSLC berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:08
Last Modified: 04 Sep 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22924

Actions (login required)

View Item View Item