Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa dalam Memahami Materi Perbandingan Trigonometri Kelas X IPS SMAN 2 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018

Ardila, Ayudita (2018) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa dalam Memahami Materi Perbandingan Trigonometri Kelas X IPS SMAN 2 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AYUDITA_ARDIL1305569_4140_2018.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep, pemecahan masalah dan komunikasi matematis merupakan tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh siswa. Namun, kemampuan pemahaman konsep, pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa kelas X IPS SMAN 2 Padang belum menjadi perhatian secara maksimal. Cara yang dilakukan adalah dengan menganalisis kemampuan siswa melalui pemberian tes. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan pemahaman konsep, pemecahan masalah dan komunikasi di kelas X IPS 2 SMAN 2 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 2 SMAN 2 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk essay. Tes kemampuan matematika dianalisis berdasarkan rubrik kemampuan pemahaman konsep, pemecahan masalah dan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep 49,35 dikategorikan cukup, indikator yang tertinggi adalah mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep, dan yang terendah mengaitkan berbagai konsep dalam matematika maupun di luar matematika. Ratarata kemampuan pemecahan masalah 49,90 dikategorikan cukup, indikator yang tertinggi adalah mengorganisasikan data dan memilih informasi yang relevan dalam mengidentifikasi masalah dan yang terendah menyajikan suatu rumusan masalah secara matematis dalam berbagai bentuk. Rata-rata kemampuan komunikasi 41,09 dikategorikan cukup, indikator yang tertinggi adalah memberikan alasan atau bukti terhadap solusi, dan yang terendah menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik, secara lisan atau tulisan, dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:07
Last Modified: 04 Sep 2019 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22919

Actions (login required)

View Item View Item