Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Padang

Varatiwi, Aulia (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AULIA_VARATIWI_14029044_3775_2018.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika, tetapi yang terjadi di lapangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa belum dapat dioptimalkan. Hal ini disebabkan karena siswa belum dilibatkan aktif dalam pembelajaran sehingga kurangnya interaksi siswa dengan siswa di dalam kelas. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan mengaktifkan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write digunakan agar siswa dapat memecahkan masalah yang dihadapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian The Static Group Design. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMPN 2 Padang dengan sampel kelas VIII4 dan VIII5. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf nyata , disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:07
Last Modified: 04 Sep 2019 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22918

Actions (login required)

View Item View Item