Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Talking Stick Berbantuan Kartu Soal Terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 23 Padang

Rahayu, Reni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Talking Stick Berbantuan Kartu Soal Terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 23 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Reni_Rahayu_15031040_2002_2019.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kompetensi belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa permasalahan yang ditemui saat proses pembelajaran berlangsung, diantaranya karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang berperan aktif sehingga kompetensi belajar peserta didik menjadi rendah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi belajar dengan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan kartu soal. Pembelajaran dengan model tersebut menuntut peserta didik untuk lebih berperan aktif saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan kartu soal terhadap kompetensi belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Padang pada materi pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen dengan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 23 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar dengan soal pilihan ganda, dan penilaian sikap dan keterampilan berupa lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung = 2,52 > ttabel = 1,67, kompetensi sikap nilai thitung = 4,10 > ttabel = 1,67, dan kompetensi keterampilan nilai thitung = 3,45 > ttabel = 1,7. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan kartu soal secara berarti berpengaruh positifterhadap kompetensi belajar IPA peserta didik kelas VII SMPN 23 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:07
Last Modified: 04 Sep 2019 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22915

Actions (login required)

View Item View Item