Kontribusi Sikap Belajar dan Kreatifitas Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (Pdtm) Siswa SMK Negeri 5 Padang.

Julkifli, Julkifli (2017) Kontribusi Sikap Belajar dan Kreatifitas Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (Pdtm) Siswa SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_JULKIFLI_1201958_503_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan survei peneliti, terlihat bahwa dalam proses pembelajaran banyak siswa yang pasif, berkomunikasi dengan guru kurang aktif, keluar kelas seringkali, sulit dalam konsentrasi belajar, dan lebih suka menyalin pekerjaan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara sikap belajar dan kreatifitas siswa dengan hasil belajar mata diklat pengetahuan dasar teknik mesin (PDTM) siswa SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk melihat ada tidaknya hubungan sikap belajar dan kreatifitas siswa terhadap hasil belajar. Populasi Padang sebanyak 30 orang. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dari responden dilakupenelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 kan melalui angket penelitian sikap belajar dengan pernyataan 36 butir dan kreatifitas siswa dengan pernyataan 26 butir yang dipakai dan uji tes soal obyektif sebanyak 35 butir. Teknik analisis data yang digunakan korelasi product momen, regresi linier dan regresi ganda dengan bantuan program SPSS (Statistic Package For Social Science) versi 16,00. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap belajar dengan hasil belajar mata diklat PDTM dengan koefisien korelasi 0,314 dan koefisien determinasi (9,85%) (2) tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara kreatifitas dengan hasil belajar mata diklat PDTM dengan koefisien korelasi 0,315 dan koefisien determinasi (9,92%) (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap belajar dan kreatifitas secara bersama-sama dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi 0,317 dan koefisien determinasi (10,04%). Nilai t hitung > t tabel (1,768455 > 0,478) nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap belajar dan kreatifitas secara bersama-sama dengan hasil belajar pada mata diklat penegtahuan dasar teknik mesin (PDTM) siswa SMK Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:06
Last Modified: 04 Sep 2019 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22907

Actions (login required)

View Item View Item