Pengaruh Penggunaan Software Mastercam terhadap Kinerja Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan dalam Membuat Benda Kerja dengan Mesin CNC Milling di SMK Negeri 1 Padang

Avrieldi, Kms. M. (2017) Pengaruh Penggunaan Software Mastercam terhadap Kinerja Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan dalam Membuat Benda Kerja dengan Mesin CNC Milling di SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_KMS_M._AVRIELDI_13002497_764_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kurangnya keterampilan siswa dalam mengoperasikan mesin CNC milling. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami mesin CNC milling, sehingga sulit untuk mengoperasikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja siswa kelas XII teknik pemesinan dalam membuat benda kerja dengan mesin CNC milling menggunakan software mastercam di SMK Negeri 1 Padang. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain Randomized Two- groups Design, Posttest Only. Desain ini menggunakan prinsip method of difference karena desain ini membuat dua kondisi yang berbeda pada dua kelompok penelitian. Pengukuran variabel terikat dilakukan pada akhir penelitian (posttest), baik pada kelas eksperimen maupun pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Pemesinan yang berjumlah 66 orang siswa. sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 32 orang siswa. kelas XII TP-A untuk kelas eksperimen berjumlah 16 orang siswa diberikan metode penggunaan media software mastercam dan kelas XII TP-B untuk kelas kontrol berjumlah 16 orang siswa diberikan metode konvensional. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa dari hasil analisis uji-t terhadap skor tes kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 20,311 sedangkan ttabelpada taraf signifikan 0,05 dengan df = 16+16-2 = 30 adalah ttabel(30) = 2,042. dengan thitung>ttabel (20,311 > 2,042), maka Ho ditolak sekaligus menerima Hi, yang berarti terdapat perbedaan hasil skor tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata = 89,72 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memiliki nilai rata-rata =63,92. Berdasarkan kedua kegiatan pembelajaran di atas dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran dengan menggunakan software mastercam untuk membuat benda kerja dengan mesin CNC milling dapat membantu siswa lebih memiliki ketelitian, efisiensi waktu, kualitas hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran metode konvensional (tanpa menggunakan software mastercam).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:06
Last Modified: 04 Sep 2019 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22906

Actions (login required)

View Item View Item