Efektivitas Tugas Dosen Penasehat Akademik dengan Diberlalukanya Sistem KRS Online pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT-UNP.

Fikri, Miftahul (2017) Efektivitas Tugas Dosen Penasehat Akademik dengan Diberlalukanya Sistem KRS Online pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_MIFTAHUL_FIKRI_1201964_655_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah tugas dosen penasehat akademik dengan diberlakukannya sistem KRS online yang mana sebagian mahasiswa merasa asing bahkan tidak mengenal dosen PA-nya sendiri, karena mahasiswa tidak memiliki motivasi yang kuat untuk mengenal dan memahami tugas serta tanggung jawab dosen PA. Melihat masalah tersebut, maka dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif tugas dosen penasehat akademik dengan diberlakukanya sistem KRS Online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 146 orang mahasiswa tahun masuk 2013. Dengan jumlah sampel sebayak 59 orang mahasiswa, sampel diambil dengan menggunakan teknik Proporsionale random Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert yang menggunakan 5 pilihan jawaban, yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif. Jumlah pernyataan dalam angket sebanyak 37 butir pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Indikator bimbingan akademik berada pada kategori Baik terhadap efektivitas tugas dosen penasehat akademik dengan diberlakukanya sistem KRS online yaitu 3,08. Indikator bimbingan non akademik berada pada kategori Baik terhadap efektivitas tugas dosen penasehat akademik dengan diberlakukanya sistem KRS online yaitu 3,10 dan untuk Indikator memberikan bantuan untuk mencapai prestasi yang optimal kategori Baik terhadap efektivitas tugas dosen penasehat akademik dengan diberlakukanya sistem KRS online yaitu 3.13.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:06
Last Modified: 04 Sep 2019 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22902

Actions (login required)

View Item View Item