Kontribusi Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Pekerjaan Las Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Shabri, Rendi (2017) Kontribusi Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Pekerjaan Las Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RENDI_SHABRI_18674_1254_2017.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan bahwa masih rendahnya hasil belajar siswa Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Padang pada mata diklat pekerjaan las dasar dan kebanyakan siswa kurang motivasi dalam belajar yang menyebabkan cara belajar tidak baik, siswa cendrung keluar masuk dan tidak serius dalam proses belajar, maupun cara belajar dalam melaksanakan pratek. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi cara belajar terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar pada mata diklat pekerjaan las dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian korelasional adalah untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat pekerjaan las dasar. Populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesin di SMK Muhammadiyah 1 Padang sebanyak 48 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dari responden di lakukan melalui angket penelitian. Pengolahan data mengunakan bantuan program Excell dan SPSS (Statistic Product Service versi 16,00. Uji coba instrument penelitian dilakukan kepada siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Karya Padang Panjang sebanyak 19 orang siswa. Untuk menentukan validitas angket menggunakan program Excel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh pernyataan yang gugur sebanyak 10 item dari 50 item. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r ≥ r yaitu 0,629 ≥ 0,284. Dan untuk uji keberartian koefisien korelasi didapat t ≥ t yaitu 5,484 ≥ 2,013 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat pekerjaan las dasar siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Padang, dengan kategori interpretasi koefisien korelasi kuat dan hasil analisis diperoleh koefisien determinasi berdasarkan rumus-rumus didapat KP = 39,5 %. Maka besar sumbangan cara belajar terhadap hasil belajar sebesar 39,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:49
Last Modified: 03 Sep 2019 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22898

Actions (login required)

View Item View Item