Hubungan Fasilitas Menggambar dengan Hasil Belajar pada Mata Diklat Gambar Teknik Dasar Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.

Afrianze, Rivo (2017) Hubungan Fasilitas Menggambar dengan Hasil Belajar pada Mata Diklat Gambar Teknik Dasar Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RIVO_AFRIANZE_13790_489_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Gambar teknik dasar merupakan suatu hal yang pokok dan mendasar yang harus dipelajari di SMK khususnya jurusan teknik mesin. Karena gambar teknik dasar merupakan bahasa teknik antara perancang dengan pembuat atau operator, disamping itu dengan pemahaman gambar teknik dasar orang bisa membuat produk mesin atau suku cadang mesin yang sangat dibutuhkan sekali dalam industri-industri yang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara fasilitas menggambar dengan hasil belajar siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMKN 1 Tanjung Raya. Penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu fasilitas menggambar sebagai variabel X dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas menggambar dengan hasil belajar pada mata diklat gambar teknik dasar kelas X Teknik Pemesinan di SMKN 1 Tanjung Raya dan tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas menggambar dengan hasil belajar pada mata diklat gambar teknk dasar kelas X Teknik Pemesinan di SMKN 1 Tanjung Raya. Jenis peneitian ini bersifat korelasional dengan pengujian pada taraf signifikan 5%. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMKN 1 Tanjung Raya 2015/2016. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket penelitian. Pengolahan data mengunakan program SPSS (Statistic Product Service Solution) versi 17,00. Uji coba intrument penelitian dilakukan pada mata diklat gambar teknik dasar kelas X Teknik Pemesinan dengan populasi 72 orang, banyak sampel di peroleh menggunakan rumus Riduan dengan hasil 42 siswa. Menentukan validitas angket menggunakan program SPSS dengan taraf signifikan 5% diperoleh item peryataan yang gugur sebanyak 9 item dari 46 item. Berdasarkan hasil perhitungan harga koefesien korelasi sederhana diperoleh nilai korelasi sebesar 0,471, sedangkan Harga rtabel sebesar 0,304. Dengan demikian rhitung >rtabel. Disamping itu dari uji kebeartian korelasi diperoleh nilai thitung sebesar 3,375 sedangkan ttabel sebesar 2,016. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas menggambar dengan hasil belajar. Dari uji koefisiensi determinansi dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai kontribusi 22,2%. Artinya fasilitas menggambar memberikan pengaruh 22,2% terhadap hasil belajar, sementara 77,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:49
Last Modified: 03 Sep 2019 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22894

Actions (login required)

View Item View Item