Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Pemberian Togas Rumah terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 27 Padang

Husni, Raisa (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Pemberian Togas Rumah terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 27 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Raisa_Husni_15031117_2026_2019.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat proses pembelajaran berlangsung dapat mengakibatkan rendahnya kompetensi belajar IPA peserta didik. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah proses pembelajaran yang belum melibatkan peserta didik secara aktif. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah disertai pemberian tugas rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran berbasis masalah disertai pemberian tugas rumah terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik kelas VII SMPN 27 Padang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 27 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas VII5 sebagai kelas kontrol dan VII7 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil analisa data kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung= 3,43> ttabel = 1,67, pada kompetensi sikap nilai thitung= 3,03> ttabe1= 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung= 2,22> ttabel = 1,67. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah disertai pemberian tugas rumah memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik kelas VII SMPN 27 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:49
Last Modified: 03 Sep 2019 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22893

Actions (login required)

View Item View Item