Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Padang

Aini, Nurul Indah (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Nurul_Indah_Aini_14029087_721_2019.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun diperoleh fakta di lapangan bahwa pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Padang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran terpusat pada guru, sehingga peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melaksanakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, salah satunya yaitu model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri IO Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan uji-t Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 75,80 dan rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik pada kelas kontrol yaitu 67,5. Hasil uji hipotesis menunjukkan pada taraf nyata a= 0,05 adalah tolak Ho, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 10 Padang, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW berpengaruh terhadap pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:49
Last Modified: 03 Sep 2019 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22891

Actions (login required)

View Item View Item