Hubungan Antara Pengetahuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dengan Keinginan Memakai Alat Pelindung Diri Saat Siswa Berpraktek di Workshop Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Bukittinggi.

Zulkarnain, Zulkarnain (2017) Hubungan Antara Pengetahuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dengan Keinginan Memakai Alat Pelindung Diri Saat Siswa Berpraktek di Workshop Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ZULKARNAIN_1203088_657_2017.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang dari permasalahan kurangnya keinginan siswa dalam menggunakan alat pelindung diri saat berpraktek pada keinginan memakai alat pelindung diri saat siswa berpraktek di workshop jurusan teknik pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja dengan keinginan memakai alat pelindung diri saat siswa berpraktek di workshop jurusan teknik pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi yang berjumlah 50 siswa, sedangkan sampel berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan data adalah menggunakan angket (kuesioner) dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis tingkat pencapaian responden dengan rumus persentase, uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan analisis koefisien korelasi menggunakan Pearson Korelasi Product Moment dan dilanjutkan dengan uji t untuk analisis keberartian koefisien korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor rata-rata persentase Pengetahuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja 59% dengan kategori rendah, Keinginan menggunakan alat pelindung diri berada pada persentase 54% dengan kategori sangat rendah. Hasil analisis korelasi sebesar 0,919 dengan interprestasi korelasi yang sangat kuat, sedangkan berdasarkan uji keberartian korelasi diperoleh harga t hitung > t tabel (3.801 > 2,032) yang berarti bahwa Ha yang berbunyi “Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja dengan keinginan memakai alat pelindung diri saat siswa berpraktek di workshop jurusan teknik pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi” diterima taraf signifikansi 95%. Berdasarkan hasil penelitian di sarankan untuk melakukan upaya peningkatan pengetahuan siswa mengenai kesehatan dan keselamatan kerja agar keinginan dan kesadaran siswa dalam menggunakan alat pelindung diri saat praktek menjadi meningkat, hal yang dapat dilakukan oleh guru melalui teladan dan pencontohan dari guru dan pendisiplinan menggunakan alat pelindung diri melalui penghargaan bagi yang mentaati dan sangsi bagi siswa yang melanggar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:33
Last Modified: 03 Sep 2019 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22883

Actions (login required)

View Item View Item