Pengembangan Handout Bernuansa Gambar dan Peta Konsep pada Materi Klarifikasi Makhluk Hidup untuk Peserta Didik Kelas VII SMPN 23 Padang

Mecita, Viola (2019) Pengembangan Handout Bernuansa Gambar dan Peta Konsep pada Materi Klarifikasi Makhluk Hidup untuk Peserta Didik Kelas VII SMPN 23 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Viola_Mecita_14031110_675_2019.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran mempakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam proses pembelajaran di sekolah. Namun peranan media pembelajaran tidak akan terlihat bila penggunaannya tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Peserta didik sulit dalam menghubungkan konsep-konsep yang terdapat pada materi, kemudian peserta didik sulit untuk memahami konsep materi. Materi pada bahan ajar biologi yang digunakan seperti narasi, bahasa yang sulit dipahami, dan tampilannya yang kurang menarik. Untuk itu telah dikembangkan handout bemuansa gambar dan peta konsep pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk Kelas VII SMPN 23 Padang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( development research), menggunakan model pengembangan Plomp (2013) yang terdiri dari tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pengembangan atau tahap pembuatan prototype (development or prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, 1 orang gum IPA SMPN 23 Padang, dan 56 orang peserta didik Kelas VII SMPN 23 Padang. Data dalam penelitian ini merupakan data yang diperoleh dari angket uji validitas dan uji praktikalitas. Data ini termasuk data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari subjek penelitian. Dari penelitian, dihasilkan handout bemuansa gambar dan peta konsep pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk peserta didik Kelas VII SMPN 23 Padang yang dikategorikan sangat valid dengan nilai 4,50, dinyatakan sangat praktis dengan nilai 4,60 oleh gum dan sangat praktis dengan nilai 4,40 oleh peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa handout yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:08
Last Modified: 02 Sep 2019 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22860

Actions (login required)

View Item View Item