Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi

Suryani, Apriza (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_APRIZA_SURYANI_14029002_3470_2018.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis peserta didik di SMPN 3 Bukittinggi masih rendah. Hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran guru kurang melibatkan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Pembelajaran matematika seharusnya dilaksanakan dalam suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam belajar dan meningkatkan peran aktif peserta didik dan juga salah satunya meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Salah satu cara yang digunakan untuk memotivasi dan mengaktifkan peran peserta didik ialah dengan menggunakan model Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes akhir kemampuan penalaran matematis yang berbentuk soal essai. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji statistik t menggunakan software minitab, didapatkan nilai P-Value sebesar 0.001 pada taraf nyata )05.0(   , karena   ValueP maka terima 1 H . Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 7E memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:08
Last Modified: 02 Sep 2019 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22856

Actions (login required)

View Item View Item