Pengaruh Kebisingan Kelas terhadap Proses Belajar Mengajar di SMK Muhammadiyah 1 Padang dan SMK Penerbangan Nusantara (S.P.N) Ketaping Padang Pariaman

Saputra, Adek (2017) Pengaruh Kebisingan Kelas terhadap Proses Belajar Mengajar di SMK Muhammadiyah 1 Padang dan SMK Penerbangan Nusantara (S.P.N) Ketaping Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_ADEK_SAPUTRA_55644_308_2017.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah pembelajaran dimana umumnya aktivitas yang dilakukan dipenyaluran informasi dan ilmu pengetahuan dari pengajar ke pelajar. Kualitas penyaluran ini dipengaruhi oleh berbagai hal. Konsentrasi adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi pembelajaran. Semakin tinggi konsentrasi pengajar dan diajar, semakin efektif kegiatan pembelajaran tersebut. Kosentrasi dalam belajar dapat menurun jika ada gangguan. Gangguan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran adalah kebisingan. Kebisingan dapat menimbulkan berbagai gangguan dalam proses pembelajaran. Untuk mengetahui pengaruh kebisingan terhadap proses belajar mengajar maka peneliti mengajukan hipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut. “pengaruh kebisingan kelas terhadap proses belajar mengajar di SMK Muhammadiyah 1 Padang dan SMK Penerbangan Nusantara (S.P.N) Ketaping Padang Pariaman Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh kebisingan dengan proses belajar mengajar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa di SMK Muhammadiyah 1 Padang dan SMK Penerbangan Nusantar (S.P.N) Ketaping Padang Pariaman berjumlah 128 orang. Menentukan sampel menggunakan rumus taro yamane yang didapatkan sampel untuk penelitian ini sebanyak 60 orang. Data kebisingan dan proses belajar mengajar dari penyebaran angket dan pengukuran dengan mengunakan sound level meter yang dilakukan mulai tanggal 2 mei sampai 29 juli. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus uji t-tes. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi rhitung > rtabel (0,9979>0,361) dan untuk uji keberartian korelasi didapat thitung > ttabel (1,7337>1,697) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebisingan dengan proses belajar mengajar di SMK Muhammadiyah 1 Padang dan SMK Penerbangan Nusantara (S.P.N) Ketaping Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:01
Last Modified: 02 Sep 2019 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22848

Actions (login required)

View Item View Item