Tinjauan Pengetahuan Siswa terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN1 Lembah Melintang Berdasarkan Kurikulum 2013.

Anshari, Adni (2017) Tinjauan Pengetahuan Siswa terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN1 Lembah Melintang Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_ADNI_ANSHARI_1202107_675_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang tinjauan pengetahuan siswa terhadap kesehatan dan keselamatan kerja pada program keahlian teknik kendaraan ringan SMKN 1 Lembah Melintang berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan siswa terhadap kesehatan dan keselamatan kerja berdasakan kurikulum 2013, yang terdiri dari 6 indikiator yaitu: UU K3 dan turunannya, potensi bahaya pada lingkungan kerja, prosedur dan perlengkapan P3K, kontaminasi pada bahan bakar oli dan bodi kendaraan, peralatan klasifikasi kebakaran dan prosedur pemadaman dan prosedur teknik pengangkatan benda kerja secara manual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yakni penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan secara objektif sehingga diperoleh jawaban dari permasalahan yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah 111 orang yakni kelas X,XI,XII teknik kendaraan ringan SMKN1 Lembah Melintang tahun 2016. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan proportional random sampling, yaitu sebanyak 53 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket berbentuk skala likert dan analisis data dengan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UU K3 dan Turunannya mendapat penilaian baik (83,14%). Selanjutnya potensi bahaya pada lingkungan kerja mendapat penilaian baik (82,07%) dan prosedur dan perlengkapan P3K mendapat penilaian baik (80,92%), kontaminasi pada bahan bakar oli dan bodi kendaraan mendapat penilaian baik (80,45%), peralatan klasifikasi kebakaran dan prosedur pemadaman mendapat penilaian baik (85,32%), dan prosedur teknik pengangkatan benda kerja secara manual dengan penilaian baik (81,45%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tinjauan pengetahuan siswa terhadap kesehatan dan keselamatan kerja sudah baik, masih perlu ditingkatkan lagi pada program keahlian teknik kendaraan ringan SMKN 1 Lembah Melintang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:01
Last Modified: 02 Sep 2019 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22847

Actions (login required)

View Item View Item