Pengaruh Penggunaan Busi Iridium dan Platinum terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang CO dan HC pada Sepeda Motor Yamaha Mio Soul Tahun 2011.

Imam, Fajarul (2017) Pengaruh Penggunaan Busi Iridium dan Platinum terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang CO dan HC pada Sepeda Motor Yamaha Mio Soul Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_FAJARUL_IMAM_97774_1243_2017.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia otomotif semakin maju namun, dengan bertambahnya jumlah kendaraan akan berdampak pada peningkatan konsumsi bahan bakar dan polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan . Berapa fakta yang ditemui banyak dari pengguna melakukan hal yang belum teruji diantaranya penggunaan busi iridium dan platinum guna mengurangi penggunaan bahan bakar dan kadar emisi gas buang. Busi pada sepeda motor berfungsi memercikkan bunga api langsung di dalam ruang bakar. Busi iridium dan busi platinum merupakan salah satu busi yang dipercaya dapat menghasilkan percikan bunga api yang lebih sempurna dibandingkan dengan busi standar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 03 Maret 2016 dengan menggunakan Sepeda Motor Yamaha Mio Soul tahun 2011. Untuk pengujian konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang CO dan HC dilakukan pada putaran 1300 Rpm, 2300 Rpm dan 3700 Rpm menggunakan busi standar, busi iridium, dan busi platinum. Pengambilan data dilakukan 2 kali pada setiap putaran, kemudian dianalisis menggunakan uji beda yaitu t test. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa konsumsi bahan bakar yang menggunakan busi standar Rpm 1300 : 1,286 kg/jam, Rpm 2300 : 2,111 kg/jam, dan Rpm 3700 : 3,084 kg/jam. Busi iridium Rpm 1300 : 1,376 kg/jam, Rpm 2300 : 2,294 kg/jam, dan Rpm 3700 : 3,335 kg/jam. Busi platinum Rpm 1300 : 1,413 kg/jam, Rpm 2300 : 2,328 kg/jam, dan Rpm 3700 : 3,557 kg/jam. Emisi gas buang CO yang menggunakan busi standar Rpm 1300 : 7,095 %, Rpm 2300 : 5.685 %, dan Rpm 3700 : 4,48 %. Busi iridium Rpm 1300 : 7,14 %, Rpm 2300 : 6,56 %, dan Rpm 3700 : 5,65 %. Busi platinum Rpm 1300 : 7,125 %, Rpm 2300 : 5,07 %, dan Rpm 3700 : 3,74. Emisi gas buang HC yang menggunakan busi standar Rpm 1300 : 412,5 ppm, Rpm 2300 : 252,5 ppm, dan Rpm 3700 : 177,5 ppm. Busi iridium Rpm 1300 : 222,5 ppm, Rpm 2300 : 213,5 ppm, dan Rpm 3700 rpm : 110,5 ppm. Busi platinum Rpm 1300 : 318,5 ppm, Rpm 2300 : 215 ppm, dan Rpm 3700 : 108 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:01
Last Modified: 21 Dec 2023 04:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22841

Actions (login required)

View Item View Item