Penerapan Strategi Learning Cycle-5E (LC-5E) terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Memelihara Baterai Kelas X Tkr di SMK Negeri 1 Sungai Limau.

Mabrur, Nanda (2017) Penerapan Strategi Learning Cycle-5E (LC-5E) terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Memelihara Baterai Kelas X Tkr di SMK Negeri 1 Sungai Limau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_NANDA_MABRUR_55688_920_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SMK Negeri 1 Sungai Limau dan hasil wawancara terhadap siswa dan guru mata pelajaran Memelihara Baterai hasil belajar siswa masih rendah, serta dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru masih menggunakan Strategi ceramah. Hal ini mengakibatkan persentase ketuntasan belajar siswa hanya 40,32%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Memelihara Baterai siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Sungai Limau. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa yang dilakukan dalam empat tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi dengan menggunakan strategi pembelajaran Learning Cycle 5-E. Strategi pembelajaran Leaning Cycle 5-E merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif yang mana proses pembelajarannya siswa dituntut untuk selalu aktif, baik dalam menyampaikan pendapat ataupun memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi yang sedang diajarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase aktifitas belajar siswa 72,53%, dan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 77,87 dengan ketuntasan siswa 75,75%, sedangkan pada siklus II persentase aktifitas belajar siswa 82,18%, dan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 85,15 dengan ketuntasan siswa 100%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan strategi pembelajaran learning cycle 5-E dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:00
Last Modified: 02 Sep 2019 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22839

Actions (login required)

View Item View Item