Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Siswa Kelas XII Program Studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang.

Nazif, Rahmad (2017) Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Siswa Kelas XII Program Studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_RAHMAD_NAZIF_1206403_795_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan salah satu faktor dari diri siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Dengan kemandirian belajar sebagai salah satu faktor penunjang keberhasilan belajar siswa, maka proses pembelajaran pun diharapkan akan terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar pada mata diklat pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan siswa kelas XII program studi teknik otomotif kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini bersifat korelasional, yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan yang terdaftar padSiswa Kelas XII Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMKN 1 Padang, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Kemandirian Belajar siswa yang ia miliki merupakan a semester Juli-Desember. Sampel penelitian sebanyak 43 siswa yang diambil berdasarkan rumus Slovin dan Proportional Random Sampling. Data kemandirian belajar siswa diambil menggunakan angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata diklat. Jenis analisis data penelitian ini yaitu korelasi Pearson Product Moment, untuk menguji keberartian korelasi r digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pencapaian variabel (X) sebesar 70,2% (kategori cukup) dan tingkat pencapaian variabel (Y) sebesar 77,3,% (kategori cukup). Adanya hubungan yang positif dan signifikan dengan koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,338 > 0,301 dan uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (2,299 > 2,020) pada taraf signifikan 5%. Kekuatan hubungan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan siswa kelas XII program studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang sebesar 0,338 (r = 0,338) yang mana tingkat hubungan tersebut tergolong cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:00
Last Modified: 02 Sep 2019 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22837

Actions (login required)

View Item View Item