Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas XI MIPA

Putra, Auliyah Maulana (2019) Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas XI MIPA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Auliyah_Maulana_Putra_14035063_794_2019.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas LKPD hidrokarbon berbabasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIP A. Efektivitas di uji untuk mengetahui LKPD layak atau tidak digunakan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Sampel penelitian dipilih menggunakan tekhnik purposive sampling dimana kelas XI MIP A 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIP A 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda, terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 50.7 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan dengan rata- rata nilai 40.7. Data penelitian ini dianalisis menggunakan SPSS series 16.00. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kelas sampel terdistribusi normal dan homogen sehingga dapat dilakukan uji-t, diperoleh nilai signifikansinya (sig) 0.000 < 0.005 maka keputusannya tolak Ho. Artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol secara signifikan. Hal ini juga didukung oleh nilai n-gain kelas eksperimen 0.73 dengan kategori tinggi. Berdasarkan nilai n-gain itu menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Hal ini juga membuktikan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing efektifuntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Aug 2019 02:53
Last Modified: 30 Aug 2019 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22826

Actions (login required)

View Item View Item