Pengaruh Metode Talking Stick dalam Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Sungai Limau

Zahara, Nesa (2019) Pengaruh Metode Talking Stick dalam Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Sungai Limau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Nesa_Zahara_15031073_2001_2019.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kompetensi belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa permasalahan yang ditemui saat berlangsungnya pembelajaran, diantaranya model pembelajaran yang kurang bervariasi, peserta didik cenderung pasif serta malu untuk bertanya, dan belum melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi belajar IPA peserta didik adalah menerapkan metode Talking Stick dalam model Direct Instruction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Talking Stick dalam model pembelajaran Direct Instruction terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik kelas VII SMPN 1 Sungai Limau. J enis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Experiment Research dengan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Sungai Limau yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji analisis data, kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung 4,23>ttabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai thitung 2,61>ttabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 2,42>ttabel 1,67. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan metode Talking Stick dalam model pembelajaran Direct Instruction berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik kelas VII SMPN 1 Sungai Limau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Aug 2019 02:53
Last Modified: 30 Aug 2019 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22825

Actions (login required)

View Item View Item