Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 untuk Diintegrasikan dengan Materi Banjir

Ardiansyah, Mimo Putra (2019) Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 untuk Diintegrasikan dengan Materi Banjir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Mimo_Putra_Ardiansyah_14033035_1896_2019.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan kepulauan yang rawan bencana hidrometeorologi seperti Banjir. Dampak yang ditimbulkan oleh bencana Banjir hampir setiap tahunnya mengalami peningkatan baik dari korban jiwa, harta benda maupun kerusakan fasilitas umum. Untuk mengurangi dampak dari bencana Banjir perlu dilakukan pengurangan risiko bencana Banjir melalui pendidikan yang terintegrasi dengan materi Banjir. Salah satu Mata pelajaran yang sesuai untuk diintegrasikan yaitu mata pelajaran IPA. Namun, faktanya dilapangan belum ada buku teks yang beredar yang terintegrasi dengan materi Banjir. Sehingga perlu adanya analisis kesesuaian materi IPA dengan materi Banjir. Sebelum mengintegrasikan materi Banjir ke dalam materi IPA perlu adanya analisis kesesuaian materi IPA pada buku teks pelajaran IPA dengan tujuan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi IPA pada buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VIII semester 1 dengan tujuan kurikulum dan materi Banjir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku teks pelajaran IPA kelas VIII semester 1 yang diterbitkan Kemendikbud dan Erlangga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data terdiri atas lembar analisis kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VIII semester 1 dan lembar analisis kesesuaian materi IPA dengan materi Banjir. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kesesuaian buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VIII semester 1 dengan tujuan kurikulum untuk buku yang diterbitkan Kemendikbud edisi revisi tahun 2016 didapatkan persentase kesesuaiannya 79,36% (sesuai) dan buku teks pelajaran yang diterbitkan Erlangga didaptkan persentase kesesuaian 88,57%(sangat sesuai). Kemudian tingkat kesesuaian materi IPA kelas VIII semester 1 dengan materi Banjir pada KD 3.1 adalah 26,67 dengan kategori kurang sesuai, KD 3.2 adalah 66,67% dengan kategori sesuai, KD 3.3 adalah 20% dengan kategori tidak sesuai, KD 3.4 dan KD 3.6 adalah 33,33% dengan kategori cukup sesuai, KD 3.5 adalah 46,67% dengan kategori sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:04
Last Modified: 29 Aug 2019 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22807

Actions (login required)

View Item View Item