Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) berbantuan Mind Map terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X Lintas Minat SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Anggraini, Nia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) berbantuan Mind Map terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X Lintas Minat SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Nia_Anggraini_15031114_1894_2019.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas X lintas Minat SMA Pembangunan Laboratorium UNP disebabkan beberapa faktor seperti model pembelajaran guru gunakan dalam kelas kurang bervariasi, rendahnya minat membaca peserta didik dalam belajar dan kompetensi belajar peserta didik masih rendah.Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan mind map. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan mind map terhadap kompetensi belajar peserta didik kelas X IIS Lintas Minat SMA Pembangunan Laboratorium. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest- Pretest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IIS Lintas Minat SMA Pembangunan yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 4 kelas . Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest- pretest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t. Hasil penelitian didapatkan rata-rata kompetensi pengetahuan peserta pada kelas eksperimen 78lebih tinggi dari pada kelas kontrol 71,33, pada kompetensi sikap peserta didik pada kelas eksperimen 78,63 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 72,45 dan pada kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen 66,97 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 53,76. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map berdampak positif terhadap kompetensi belajar peserta didik kelas X Lintas Minat pada materi Kingdom Animalia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:04
Last Modified: 29 Aug 2019 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22804

Actions (login required)

View Item View Item