Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMAN 2 Painan Tahon Pelajaran 2018/2019

Fitrian, Silvia (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMAN 2 Painan Tahon Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Silvia_Fitriani_15029047_1897_2019.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemccahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang diharapkan dimiliki oleh siswa. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pcmecahan masalah matematis siswa kelas XI SMA N egeri 2 Painan belum optimal. Hal ini terlihat dari basil observasi dan rendahnya basil analisis kemampuan pcmecahan masalah matematis yang telah dilakukan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan pemccahan rnasalah matematis dengan baik. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperlukan suatu model dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah learning cycle 7E. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelaj aran learning cycle 7E dan kemampuan pemccahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI SMA Negeri 2 Painan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 2 Painan dengan kelas eksperimen XI MIPA 7 dan kelas kontrol XI MIPA 8. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay dengan menggunakan rubrik penyeskoran dan uji statistik menggunakan uji-t. Berdasarkan basil analisis data pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh P-value = 0,002 karena P-value < a, maka Ho ditolak. Ini berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model learning cycle 7E lebih baik daripada pembelajaran langsung di kelas XI SMAN 2 Painan Tabun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:04
Last Modified: 29 Aug 2019 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22803

Actions (login required)

View Item View Item