Hubungan Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) dengan Sikap Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMPN 33 Padang

Nurfadilah, Narada Hana (2019) Hubungan Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) dengan Sikap Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMPN 33 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Narada_Hana_Nurfadilah_15031072_2039_2019.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

Pendidikan secara umum bertujuan untuk menyediakan lingkungan yang memungkinkan bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuan dalam belajar secara optimal. Pemerintah selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan, salah satu upaya pemerintah yaitu dengan adanya revisi atau pengembangan kurikulum pendidikan. Revisi terakhir kali dilakukan yaitu pengembangan KTSP menjadi Kurikulum 2013 (K13). Penekanan dari K13 ini adalah peningkatan dan keseimbangan soft skill dan hard skill yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Kurikulum memiliki relevansi dengan dengan teori multiple intelligences yang dikembangkan oleh Howard Gardner. Kl 3 mengandung pengembangan dimensi multiple intelligences yang dapat dilihat dalam tiga hal pertama, pada pengembangan kompetensi yang terdiri dari empat Kompetensi Inti yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sehingga penulis melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana hubungan multiple intelligences dengan sikap belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 33 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan pendekatan correlational study. Subjek penelitian terdiri dari 32 orang. Pengambilan data dilakukan melalui pengisian angket multiple intelligences dan sikap belajar IPA dan data diperoleh dianalisis secara deskriptif. Untuk mengetahui hubungan antar variabel dilakukan uji korelasi menggunakan korelasi Pearson Product Moment untuk data normal dan Spearman-Rank untuk data yang tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara multiple intelligences dengan sikap belajar IPA peserta didik dengan nilai r= 0,28. Korelasi antara masing­ masing tingkatan multiple intelligences dengan sikap belajar IPA memiliki nilai korelasi dengan kriteria lemah sampai sedang. Koefisien Determinasi thitung multiple intelligences dengan sikap belajar IPA yaitu 1, 70 lebih kecil dari ttabel yaitu 2,04, sehingga secara keseluruhan tidak terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara multiple intelligences dengan sikap belajar IPA peserta didik pada kelas VII SMPN 33 Padang. Namun dibeberapa kecerdasan ada hubungan yang signifikan dan positif antara multiple intelligences dengan sikap belajar IPA peserta didik yaitu kecerdasan logis­matematis dan kecerdasan intrapersonal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:03
Last Modified: 29 Aug 2019 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22798

Actions (login required)

View Item View Item