Pengembangan Modul Asam Basa Ber basis REACT untuk Kelas XI SMA/MA

Nengsih, Nalia Rahyusri (2019) Pengembangan Modul Asam Basa Ber basis REACT untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Nalia_Rahyusri_Nengsih_15035006_1793_2019.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar yang digunakan guru pada materi asam basa belum mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menggunakan modul asam basa berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul asam basa berbasis REACT dan mengungkapkan nilai validitas dan praktikalitasnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Perancangan modul telah dinilai oleh 7 orang validator yang merupakan Subject Matter Experts (SMEs) yang terdiri dari dosen kimia FMIPA UNP dan guru kimia. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 3 orang guru kimia dan 26 orang peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Padang Panjang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan formula kappa Cohen. Perancangan modul menghasilkan tiga karakteristik utama, yaitunya: modul dirancang sesuai dengan prior knowledge peserta didik; modul memuat komponen sintak REACT; dan modul memuat aspek keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Ennis. Hasil dari validitas konten diperoleh nilai Content Validity Index (CVI) sebesar 0,90 dengan kategori valid dan basil validitas konstruk diperoleh momen kappa sebesar 0,92 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Sedangkan basil praktikalitas modul menurut guru dan peserta didik diperoleh momen kappa sebesar 0,86 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Aug 2019 08:56
Last Modified: 28 Aug 2019 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22789

Actions (login required)

View Item View Item