Optimasi Kondisi Fermentasi Bakteri Endofit Andalas (Marus macraura Miq.) Isolat B.J.T.A-4 dan Isolat JDT lB dalam Menghasilkan Senyawa Antibakteri

Rifa, Fauzia Fitri Rezeky (2019) Optimasi Kondisi Fermentasi Bakteri Endofit Andalas (Marus macraura Miq.) Isolat B.J.T.A-4 dan Isolat JDT lB dalam Menghasilkan Senyawa Antibakteri. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Fauzia_Fitri_Rezeky_Rifa_15032045_1822_2019.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Kasus resistensi bakteri menjadi salah satu masalah serius dalam bidang kesehatan. Dibutuhkan senyawa antibakteri barn yang lebih efektif dalam mengobati penyakit infeksi. Isolat B.J.T.A-4 dan isolat JDT lB merupakan bakteri endofit dari tanaman Andalas (Marus macraura Miq.) yang diketahui mampu menghasilkan senyawa aktif antibakteri. Senyawa antibakteri diproduksi melalui proses fermentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimasi kondisi fermentasi bakteri endofit Andalas isolat B.J.T.A-4 dan JDT lB dalam menghasilkan senyawa antibakteri. Kondisi fermentasi yang dioptimasi adalah konsentrasi starter dan jenis medium. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan dari bulan September 2018 - Mei 2019 di Laboratorium Penelitian Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang. Medium fermentasi yang digunakan adalah NB, MH, LB dan LB_ B sedangkan variasi konsentrasi starter adalah 1 %, 2,5%, 5%, 7,5%, 10% dan 12,5%. Uji aktifitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi kertas cakram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa medium fermentasi optimum bakteri endofit Andalas isolat B.J.T.A-4 dalam menghasilkan senyawa antibakteri adalah medium NB dengan konsentrasi starter 2.5%. Selanjutnya, kondisi optimum untuk isolat JDT lB dalam menghasilkan senyawa antibakteri adalah pada medium NB dan LB_ B dengan konsentrasi starter 10%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:05
Last Modified: 27 Aug 2019 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22748

Actions (login required)

View Item View Item