Pengembangan E-Modul Titrasi Asam Basa Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/MA

Sari, Reno Pelita (2019) Pengembangan E-Modul Titrasi Asam Basa Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Reno_Pelita_Sari_14035088_835_2019.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul titrasi asam basa berbasis pendekatan saintifik serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas dari e-modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Ploomp yang terdiri atas tiga tahapan yaitu penelitian awal (preliminary research), pembentukan prototipe (prototipyng stage), dan tahap penilaian (assessment phase). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas. E-modul titrasi asam basa berbasis pendekatan saintifik divalidasi oleh 5 orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen kimia FMIPA UNP, 1 orang dosen desain gratis/multimedia FT UNP, dan 2 orang guru kimia yang berasal dari SMAN 15 Padang. Uji praktikalitas dilakukan terhadap 2 orang guru kimia SMAN 15 Padang dan 20 orang siswa kelas XII SMAN 15 Padang. Hasil analisis lembaran validitas, praktikalitas guru dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut adalah 0,83, 0,84 dan 0,88 dengan kategori sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul titrasi asam basa berbasis pendekatan saintifik sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:04
Last Modified: 27 Aug 2019 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22747

Actions (login required)

View Item View Item