Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Penerapan Contextual Teaching And Learning Kelas VII SMPN 31 Padang

Perdana, Prima Ryan (2019) Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Penerapan Contextual Teaching And Learning Kelas VII SMPN 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Prima_Ryan_Perdana_301390_2007_2019.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan kognitif yang diharapkan dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya dari hasil belajar peserta didik terlihat bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas VII SMPN 31 Padang masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam memahami materi dan membangun pengetahuannya sendiri. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning. Model ini memfasilitasi peserta didik untuk membantu secara optimal dalam memahami konsep, sehingga peserta didik dapat memahaminya dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMPN 31 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan The One Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas VII SMPN 31 Padang. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika yang berbentuk soal uraian, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan analisis hasil tes pemahaman konsep matematika yang diberikan diperoleh bahwa indikator mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan dalam membentuk konsep, memberi contoh dan contoh kontra dari suatu konsep, dan menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis lebih baik dari indikator-indikator pemahaman konsep yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning dapat mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:04
Last Modified: 27 Aug 2019 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22745

Actions (login required)

View Item View Item